22 Feb 2011

Vitamin A-D-E

Vitamin A-D-E sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan ternak yang optimal, jika asupan dari vitamin A,D,E bagi ternak tidak maksimal maka akan menimbulkan banyak gangguan dan penyakit. Vitamin yang baik adalah vitamin yang tersedia dalam pakan yang dikonsumsi oleh hewan ternak.
Pakan yang baik untuk ternak sapi dan kambing adalah yang dapat memenuhi protein, karbohidrat, lemak,vitamin, dan mineral. Protein berfungsi untuk mengganti sel-sel yang telah rusak, membentuk sel-sel tubuh baru dan sumber energi. Karbohidrat berfungsi untuk sebagai sumber energi dan pembentukan lemak tubuh. Lemak berfungsi untuk pembawa Vitamin A-D-E dan juga sebagai sumber energi. Pada sapi yang di gemukkan secara intensif (kereman) dn ful intensif (dry lot Fattening) lapisan lemak dapat menyeliputi serabut otot sehingga tekstur daging otot menjadi lembut (kualitas terbaik). Mineral di perlukan untuk pembentukan jaringan tulang dan urat serta mempermudah proses pencernaan dan penyerapan zat-zat makanan. Vitamin berfungsi untuk mempertahankan kekuatan tubuh dan kondisi kesehatan.

Vitamin  A
Fungsi vitaminA pada ternak kambing dan sapi adalah untuk mencegah masalah kesehatan mata, meningkatkan sistem imun, juga berperan penting dalam pertumbuhan & perkembangan sel serta menjaga kesehatan kulit.
- Penyakit yang ditimbulkan pd hewan ternak akibat kekurangan vitamin A :
Gangguan atau kurangnya fungsi pada mata ternak sapi dan kambing, infeksi saluran pernapasan pada ternak, menurunnya daya tahan tubuh ternak, kulit dan bulu ternak yang tidak sehat, dan lain-lain.

Vitamin  D
Fungsi vitamin D pada ternak kambing dan sapi adalah untuk memperkuat tulang karena vitamin D membantu penyerapan kalsium oleh tubuh.
Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin D :
pertumbuhan gigi dan tulang yang  tidak maksimal pda ternak sehingga gigi dan tulang akan lebih mudah rusak .
Vitamin E
Vitamin E pada ternak sapi dan kambing merupakan anti oksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan. Vitamin E juga penting untuk kesehatan sel darah merah.
Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin E :
Gangguan pada system reproduksi ternak sapi dan kambing betina, gangguan pada saraf dan otot.
Untuk itu Drh.Jatmiko salah seorang Dokter Hewan kenamaan dari Jogjakarta telah meracik Vitamin A-D-E . Vitamin komplit yang berguna bagi ternak anda. Penambah nafsu makan yang hasilnya sudah terbukti. jika anda ingin ternak yang anda pelihara sehat, baik itu kambing atau sapi berikan asupan

Tidak ada komentar: