4 Mar 2011

Biosekuriti untuk mencegah penyebaran Infectious Bronchitis

Praktek manajemen dasar seperti akses situs terbatas dikontrol, alas kaki terpisah dan peralatan untuk setiap situs / rumah, dan footbaths di pintu masuk ke situs / rumah semua meminimalkan resiko memperkenalkan virus Infectious Bronchitis (IBV).

Tindakan higienis ditujukan untuk meminimalkan tingkat virus yang menular. Sebuah pendekatan terstruktur diperlukan untuk mencegah infeksi:

* dry clean - pembuangan semua bahan organik dari situs tersebut (dalam kasus lantai tanah ini harus termasuk menghapus cm 4-5 atas tanah).
* basah bersih - membersihkan kandang ayam yang menggunakan air pada tekanan tinggi (35-55 bar) untuk memastikan penghapusan semua bahan organik. Disarankan untuk menambahkan deterjen keras untuk membantu proses pembersihan.
* Disinfeksi - aplikasi desinfektan yang sesuai untuk mengurangi infektifitas dari setiap partikel virus yang tersisa. IBV mudah dibunuh, tetapi permohonan desinfektan pada konsentrasi yang tepat dengan waktu kontak yang cocok sangat penting. Umumnya produk yang mengandung formalin, agen melepaskan klorin, atau senyawa surfaktan yang cocok.

Downtime antara kawanan ayam berturut-turut harus dimaksimalkan (minimal 10 hari direkomendasikan). Pengendalian IBV di situs multi-usia sangat menantang dan membutuhkan kontrol yang ketat dari gerakan personil dan peralatan antara rumah ayam.

Tidak ada komentar: